12 November 2007

DAYA TAHAN

Tulisan ini diambil dari buku "PERINTAHKAN JANTUNG ANDA BERDETAK LAGI" karangan Dutch Sheets, penerbit Immanuel, halaman 64-66, dengan perubahan seperlunya.



William Carey, "Bapak Misi Modern", ingin menerjemahkan Alkitab ke dalam sebanyak mungkin bahasa Indian.
Pada permulaan tahun 1832, rekannya menemukan nyala api yang sedang membakar ruang percetakan mereka. Para pekerja mencoba melawan api itu, tapi tidak berhasil. Segala sesuatu hancur.

Hari berikutnya, seseorang memberitahu Carey, "Saya sukar untuk memberitahukan kabar ini. Tempat percetakan telah terbakar."
Carey sangat terkejut. Perpustakaannya lenyap. Termasuk kamus-kamus, buku-buku tata bahasa, Alkitab-Alkitab, dan master-master Alkitab untuk 14 bahasa.
"Pekerjaan bertahun-tahun hilang dalam sekejap," ia berbisik.

Carey hanya mengambil sedikit waktu untuk bersedih.
"Kerugian memang besar," tulisnya, "tetapi kami tidak putus asa, pekerjaan dapat dimulai lagi dalam setiap bahasa. Kami ditekan, tapi tidak putus asa."

Berita kebakaran itu melambungkan nama Carey secara cepat di Inggris. Sumbangan dikumpulkan dan para sukarelawan menawarkan bantuan.
Pada akhir tahun itu juga (1832), Alkitab telah diterbitkan dalam 40 bahasa dan dialek.

Rahasia keberhasilan Carey adalah daya tahannya.
"Ada banyak kesukaran di setiap sisi," ia pernah menulis, "dan lebih banyak kesukaran lagi yang mengancam di masa yang akan datang. Karena itu kami harus maju."

William Carey membuat pilihan yang tepat. Ia langsung menatap musuh dan keadaan kekurangan. Kita dapat melakukan hal yang sama. Jangan menunda lagi. Lakukan sekarang juga!

hanya karena kasih setia-Nya,
iwan




PEOPLE SAID:
Gangguan-gangguan yang membandel, ketidakadilan, penundaan yang menyakitkan, dan bahkan trauma-trauma masa kecil, semuanya dapat diubahkan oleh Allah untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.
Paul G. Caram: "MENGUBAH KUTUK MENJADI BERKAT", hal. vii





GOD (STILL) SAYING:
Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!
Roma 12:12

Tidak ada komentar: