31 Agustus 2007

BEGITU BANYAK PERTANYAAN (TENTANG DOA)

Tulisan ini diambil dari buku "DOA SYAFAAT" karangan Dutch Sheets, halaman 21-22, dengan sedikit perubahan.





Dari sekian banyak perjalanan doa, dari kegagalan maupun kemenangan, dan dari ratusan jam belajar, saya telah membuahkan beberapa pemikiran yang dapat saya bagikan kepada Anda:

Apakah doa memang sungguh-sungguh diperlukan? Jika ya, mengapa? Bukankah Allah itu berdaulat? Bukankah itu berarti Ia melaksanakan apa yang menjadi kehendak-Nya, kapanpun Ia menginginkannya? Jika demikian halnya, mengapa kita harus berdoa?

Apakah kehendak Allah bagi anak-anak-Nya terjamin secara otomatis atau kehendak-Nya yang tergantung pada doa dan hal-hal lainnya?

Mengapa seringkali diperlukan waktu yang cukup lama sampai doa kita terjawab? Mengapa diperlukan ketekunan? Yakub bergumul dengan Allah. Apakah itu yang harus kita lakukan saat berdoa?

Bagaimana tentang doa-doa bagi orang yang terhilang? Dapatkah saya menjadi lebih efektif? Perlukah saya memohon keselamatan bagi orang-orang terus-menerus, atau hanya cukup memita satu kali dan kemudian kita bersyukur kepada-Nya dengan iman?

Bagaimana dengan peperangan rohani? Jika iblis telah dikalahkan dan Kristus memegang otoritas, mengapa kita tidak melupakan saja keberadaan iblis? Siapakah yang membelenggu iblis, Allah atau kita?

Apakah sesungguhnya yang disebut doa syafaat?

Bagaimana tentang perlindungan? Apakah segala sesuatu yang terjadi kepada kita atau keluarga kita diijinkan oleh Allah? Atau, adakah sesuatu yang perlu kita lakukan untuk memperoleh perlindungan itu?

Bagaimana kita saling bertolong-tolongan dalam menanggung beban?

Apakah ada waktu yang tepat untuk mendapatkan jawaban-jawaban doa, atau apakah waktunya tergantung kepada kita sendiri?


Mungkin kita merasa lelah dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Banyak orang berhenti menanyakan hal-hal tersebut sejak lama, dan mungkin telah berhenti berdoa juga.
Tolong jangan berhenti berdoa. Tetaplah berdoa!



hanya karena kasih-Nya,
iwan






PEOPLE SAID
Allah tidak melakukan apapun di dunia kecuali memberikan jawaban atas doa-doa yang penuh iman.
John Wesley.
"DOA SYAFAAT" karangan Dutch Sheets, halaman 27
Penerbit Immanuel, cetakan ketiga, 2001



GOD SAYING
Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan
Lukas 22:40b

Tidak ada komentar: